Berita Seni Musik Dunia

The-sundial.com – Situs Berita Seni Musik Dunia Saat Ini

Festival Musik Paling Wajib Dikunjungi di Indonesia

Festival Musik Paling Wajib Dikunjungi di Indonesia – Berbicara mengenai musik, pasti akan menjadi topik yang tak ada habisnya untuk dibahas karena merupakan sesuatu yang sangat disukai oleh hampir semua orang di seluruh penjuru dunia. Musik sendiri tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena sudah menjadi kebutuhan individu. Saat ini ada banyak musisi dari berbagai genre dan jumlahnya terus bertambah.

Hal ini menjadikan industri musik berkembang pesat karena mereka berinisiatif mengadakan festival musik tahunan dengan mengundang beberapa musisi sekaligus. Tak terkecuali di Indonesia, banyak festival musik bermunculan karena masyarakat, terutama generasi muda, dengan senang hati datang dan menyaksikan musisi kesayangannya sebagai sarana melepas penat.

Dengan antusiasme yang semakin meningkat, festival musik ini memunculkan berbagai konsep yang unik dan menarik. Masing-masing tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Artikel ini akan membahas beberapa festival musik terbaik di Indonesia untuk menambah daftar festival musik yang wajib Anda tonton bagi Anda pecinta musik di luar sana.

1. Jakarta International Java Jazz Festival

Festival Musik Paling Wajib Dikunjungi di Indonesia

Berdiri sejak tahun 2005, Java Jazz dikenal luas sebagai salah satu Festival Jazz terbesar di dunia. Hype festival ini konsisten dan bahkan cenderung meningkat sejak tahun pertama. Itu selalu memiliki line up yang mengesankan baik dari seniman internasional dan lokal. Biasanya Java Jazz Festival diadakan selama 3 hari di JIEXPO Kemayoran. Setiap hari ada banyak musisi yang tampil di beberapa panggung berbeda yang tersebar di seluruh venue.

2. Synchronize Festival

Festival musik ini terkenal karena selalu menghadirkan musisi dari berbagai genre selama 3 hari pertunjukannya setiap tahun sejak 2009. Ini adalah acara berskala nasional yang mengundang ratusan artis Indonesia terfavorit dan terbaik dari tahun 1970-an hingga 2000-an. Selain itu, Synchronize Festival juga menyediakan Outdoor Cinema, Art & Merchandise Market, Records Fair, dan Food & Beverages Festival. Festival ini diadakan di Gambir Expo Kemayoran setiap tahun.

3. Soundrenaline Festival

Serupa dengan Synchronize Festival, Soundrenaline merupakan salah satu festival musik multi genre terbesar dan terkeren yang berdiri sejak tahun 2002. Awalnya festival ini dikenal dengan pertunjukan musik rock sebagai spesialisasinya, namun sejak tahun 2016 pihak penyelenggara memutuskan untuk mengubah image dan konsep menjadi festival musik multi genre yang menarik lebih banyak penonton. Jika sebelumnya digelar di Jakarta, kini dalam beberapa tahun terakhir digelar di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

4. We the Fest Festival

Festival Musik Paling Wajib Dikunjungi di Indonesia

Ini adalah festival musik, seni, mode, dan makanan musim panas yang diresmikan pada tahun 2012 yang juga dikenal dengan pertunjukan berbagai genre. Mirip dengan Festival Coachella di Amerika Serikat, acara ini didefinisikan sebagai festival berkelas di mana pengunjung festival dapat dengan bebas mengekspresikan diri. Mereka dapat menjelajahi berbagai aktivasi dan zona aneh di venue yang ada di JIEXPO Kemayoran. Selain musisi lokal, ada juga beberapa musisi yang terkenal di dunia internasional.

5. DJakarta Warehouse Project

DJakarta Warehouse Project adalah festival EDM terbesar di Asia Tenggara, sejak tahun 2014. Saat lahir, itu bukan festival, tapi pesta gudang yang diselenggarakan oleh klub-klub di Jakarta. Acara ini biasanya berlangsung pada bulan Desember. Edisi sebelumnya menampilkan DJ kelas dunia, termasuk Carl Cox, Claptone, Cashmere Cat, Rudimental, Jamie Jones, What So Not, Flume, Robin Schulz, dan banyak lainnya.

6. Jazz Gunung Festival

Konsep yang ditawarkan event musik ini cukup unik karena digelar di Gunung Bromo, Probolinggo, Malang. Sambil menonton pertunjukan musik di ruang terbuka, pengunjung festival bisa menikmati pemandangan yang indah. Sejak 2009, banyak musisi jazz internasional dan lokal tampil di festival tersebut. Ada juga beberapa pertunjukan seni daerah yang melambangkan keragaman negara.

Caleb Butler

Back to top